Ciri Khas Busana Para Presiden Indonesia

BaxterCountyOnline.com – Tidak hanya fashion yang dapat mendefinisikan siapa kita, itu juga dapat menunjukkan identitas dan karakter seseorang tetapi busana juga. Tokoh-tokoh masyarakat, termasuk presiden kita, memahami gagasan ini.

Mereka harus memiliki gaya busana yang unik untuk membangun merek dan karakter sementara pada saat yang sama mengekspresikan pandangan mereka. Mari tinjau gaya busana yang berbeda dari presiden Indonesia dari waktu ke waktu:

Busana Para Presiden Sukarno

Bpk Ir. Soekarno

1. Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, adalah seorang pria karismatik yang memberikan perhatian signifikan terhadap penampilan dan mode. Dia biasanya terlihat mengenakan setelan desain unik yang pas dengan tubuhnya, membawa simbol militer seperti lencana, dan yang penting, mengenakan peci Indonesia hitam, topi tradisional Indonesia.

Kadang-kadang dia juga memakai kacamata hitam dan memegang tongkat angkuh. Soekarno mengenakan busana serupa di hampir setiap kesempatan selama kepemimpinannya. Gaya seperti itu cocok untuk presiden pertama karena Soekarno diperlukan untuk menggambarkan kesusilaan dan kekuatan, mewakili negara yang baru merdeka.

Busana Para Presiden Suharto

Bpk. Soeharto

2. Soeharto

Tidak seperti Presiden Soekarno yang konsisten dengan gaya fesyennya, Presiden Soeharto cenderung lebih bervariasi dan tidak memiliki gaya busana yang khas. Ia dikenal suka memakai batik selama kegiatan sehari-harinya.

Meskipun demikian, meskipun ia suka mengenakan kemeja batik, tidak semua baju batiknya mahal karena ia dikenal memilih batik sederhana untuk dipakai sehari-hari. Asumsi kami adalah bahwa kecintaannya pada batik relevan dengan latar belakangnya sebagai orang Jawa.

Sering kali, presiden kedua juga muncul mengenakan setelan safari dalam acara formal. Selain itu, Soeharto suka memancing, jadi dia sering terlihat mengenakan kaos dan celana selama perjalanan memancing.

Busana Para Presiden Habibie

Bpk. Habibie

3. B. J. Habibie

Presiden B. J. Habibie memiliki masa ke-presiden-an ter-pendek dalam sejarah Indonesia. Ia seorang intelektual dan terkenal karena keahliannya di bidang teknik penerbangan. Gaya busana Habibie selalu formal. Ini adalah baju dan celana panjang, baju atau kemeja batik dengan celana panjang. Presiden juga suka memakai peci tradisional di kepalanya.

Busana Para Presiden Abdurrahman Wahid

Bpk. Abdurrahman Wahid

4. Abdurrahman Wahid

Presiden Abdurrahman ‘Gus Dur’ Wahid dikenal sebagai orang yang mudah dan santai. Dia juga lebih suka formalitas kurang di Istana Presiden, termasuk dalam aturan berpakaian, dan akan memungkinkan tamu mengenakan sandal dan sarung ke Istana.

Untuk acara formal, Gus Dur biasanya mengenakan setelan atau kemeja batik, dilengkapi dengan peci hitam di kepalanya. Namun, selama waktu lebih rileks nya, ia memilih untuk mengenakan sesuatu yang nyaman, seperti kaos dan sarung.

Pakaian seperti itu mungkin dipengaruhi oleh latar belakangnya. Sebelum menjadi presiden, Gus Dur adalah seorang Kyai, pemimpin agama Islam, sehingga gaya fesyen nya mungkin terkait dengan identitas nya yang lebih religius.

Busana Para Presiden Megawati

Ibu Megawati Soekarnoputri

5. Megawati Soekarnoputri

Juga putri Presiden Soekarno pertama, Megawati adalah perempuan pertama yang menjadi Presiden Republik Indonesia. Dalam mendengar penampilan publik, Megawati suka mengenakan kebaya kostum nasional dipasang kan dengan kain batik, bersama dengan sanggul di rambutnya, tatanan rambut tradisional Indonesia.

Pemilihan fesyen nya mungkin mencerminkan preferensi nya menampilkan identitas Indonesia.

Busana Para Presiden SBY

Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih populer disebut ‘SBY’ sering terlihat mengenakan setelan safari, pakaian resmi atau batik saat ia menghadiri acara formal. Seperti presiden pria lainnya, SBY juga sering tampil mengenakan peci, melengkapi identitas nya sebagai presiden Indonesia. Selama acara-acara informal, ia kadang-kadang mengenakan kaos polo dan celana panjang.

Bpk. Ir. Joko Widodo

7. Joko Widodo

Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo memberikan perhatian yang signifikan terhadap mode, meskipun memilih mode yang lebih santai di banyak penampilan publik. Selama masa kampanye presiden, tampilan khasnya adalah kemeja kotak-kotak.

Setelah menjadi presiden, Jokowi banyak terlihat mengenakan kemeja putih dengan lengan setengah linting, mengidentifikasi karakter uniknya. Dia juga kadang-kadang muncul mengenakan T-shirt atau bahkan jaket ‘bomber’ di depan umum.

Jokowi juga sering menunjukkan identitasnya di Indonesia dengan mengenakan kostum tradisional dan kemeja batik, bersama dengan peci. Dalam acara-acara resmi, presiden terlihat mengenakan jas dan dasi.

Baca juga : Tempat Jual Peci untuk Outfit Busana Muslim  Anda

Mode casual Jokowi membangun karakternya sebagai presiden yang muda dan energik, selain menunjukkan bahwa dia adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat.