Cara Mengolah Okra

Okra sekarang mudah ditemukan di kawasan Asia termasuk di Indonesia yang banyak dijual di pasar-pasar. Okra ada yang berwarna hijau dan ungu, jika mengolah okra dengan tepat, rasanya akan sangat segar dan renyah walaupun saat dimasak sedikit berlendir.

Namun jika salah dalam penyajiannya, okra akan semakin licin dan mengeluarkan banyak lendir. Hal ini disebabkan karena zat residu gula yang disebut exopolysaccharides dan protein glikoprotein pada okra meningkat saat terkena panas.

Manfaat Okra

Okra atau sayuran yang dikenal dengan istilah lady finger memang belum terlalu terkenal di Indonesia, namun jangan salah, sayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mengolah Okra

Gambar Okra | via masjawa.com

Sayuran dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus ini biasanya tumbuh di negara yang beriklim tropis sehingga pelestarian okra mulai muncul di Indonesia. Okra memiliki khasiat antara lain :

  • Mengobati anemia, karena okra membantu produksi sel darah merah untuk mencegah maupun mengobati anemia.
  • Anti kanker, karena menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi asma, karena mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan.
  • Menguatkan tulang, karena tinggi akan folat yang bisa membantu menguatkan tulang
  • Menurunkan kolesterol, karena serat larut pada okra membantu menurunkan kolesterol.
  • Melancarkan konstipasi, karena serat dan lendir pada okra membantu sebagai obat pelancar bab secara alami.
  • Menyembuhkan diabetes, karena sifatnya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan mata, karena kaya akan beta karoten, lutein, dan xanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Cara mengolah okra yang paling aman salah satunya adalah dengan cara direbus untuk dijadikan sup atau disemur. Karena lendir pada okra dapat kita manfaatkan sebagai zat pengental kuah. Namun di sisi lain, okra juga baik jika dimasak dengan suhu yang tinggi sehingga mendapatkan sayuran dengan tekstur halus reperti terong.

Sebelum dimasak, okra bisa direndam terlebih dahulu yang nantinya berguna untuk mengurangi kelembutannya. namun pastikan okra sudah benar-benar kering sebelum dimasak.

Jika dibiarkan utuh saat akan dimasak, kandungan lendir pada okra akan berkurang saat idolah karena semakin banyak lendir yang akan dilepaskan saat dipotong.