Perbedaan Arsitek dan Kontraktor yang Perlu Diketahui

         Di sat ingin membangun rumah yang sesuai dengan harapan tentu memerlukan jasa bangun rumah yang berpengalaman dan bisa dipercaya. Salah satunya adalah jasa kontraktor dan arsitek.Bagaimana Mereka bekerja? Dan apa perbedaannya?

Berikut akan diuraikan perbedaan kontraktor dan arsitek:

 

  • Kontraktor

 

Kontraktor adalah pihak yang melaksanakan proyek pembangunan. Pihak yang melakukan proses pembangunan di lapangan sesuai dengan desain perencanaan. Bertanggung jawab sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati bersama.

Melalui kontrak tersebut kontraktor terikat oleh aturan hukum dan dapat dituntut apabila tidak dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan isi perjanjian kontrak kerja yang telah disepakati.

 

  • Arsitek

 

Arsitek adalah pihak yang membuat rancangan desain. Meliputi: Desain denah rumah, tampilan, rencana atap, detail, potongan, rencana fondasi, rencana kusen, rencana listrik, rencana Plumbingdan lain sebagainya.

Dalam memilih arsitek usahakan memilih yang sudah berpengalaman. Karena arsitek yang telah berpengalaman biasanya memiliki cara pandang yang lebih matang dalam mendesain rumah maupun bangunan lainnya.

Kesimpulannya adalah bahwa arsitek adalah orang yang mendesain/merancang bangunan sedangkan kontraktor adalah orang yang melaksanakan desain/rancangan tersebut dalam tindakan nyata di lapangan.Jika hendak membangun rumah pilihlah jasa bangun rumah yang telah berpengalaman dan kualitasnya tidak diragukan lagi, baik dari segi rancangannya maupun dari segi pelaksanaannya di lapangan.

Jasa kontraktor dalam pembayaran menggunakan sistem pembayaran termin. Sedangkan jasa borongan ada 2 sistem pembayaran yaitu memborongkan semua biaya pekerjaan dan bahan bangunan atau menyediakan bahan sendiri dan hanya membayar upah para pekerja.

Jasa kontraktor lebih banyak menerima proyek besar. Sedangkan jasa borongan sering digunakan untuk hunian rumah tinggal dengan biaya yang sedikit. Jasa borongan juga lebih murah daripada jasa kontraktor.

Jika ada permasalahan dalam pembangunan jasa kontraktor lebih dapat bertanggungjawab. Sedangkan jasa borongan belum tentu dapat bertanggungjawab karena tidak bergaransi.

Itulah beberapa poin perbedaan dari jasa kontraktor dan jasa borongan yang bisa Anda ketahui. Pilih saja jasa yang paling Anda butuhkan dalam membangun rumah dengan tepat rumah.