Tempat Wisata di Chiang Mai yang Sayang untuk Dilewatkan

Apa yang terlintas di pikiran ketika Anda mendengar Thailand? Tentu Bangkok atau Phuket. Tapi tunggu dulu, selain wisata di pusat kota tersebut, masih banyak  tempat wisata di Chiang Mai yang sayang untuk dilewatkan. Chiang Mai merupakan provinsi dengan ibukota bernama Chiang Mai pula. Terletak di bagian utara Thailand , yang berbatasan langsung dengan Laos dan Myanmar, apa saja sih tempat wisata di Chiang Mai? Yuk simak ulasannya.

  1. Wat Rong Khun

Jika kui berwarna kuning emas pada umumnya, tidak bagi kuil satu ini. Tak heran jika kuil yang dibangun pada tahun 1996 ini punya nama lain “White Temple”. Wat Rong Khun inimerupakan tempat wisata terkenal di Chiang Rai, khususnya bagi pemeluk agama Budhha. Chiang Rai merupakan provinsi paling utara Thailand yang pernah menjadi ibukota kerajaan Mingrai pada abad ke-11. Kuil ini mempunyai 1 pintu masuk dan 1 pintu keluar, jadi jika Anda sudah masuk, tidak bisa kembali lagi, dan harus meneruskan perjalanan hingga ke pintu keluar. Kuil ini memiliki detail yang sangat kompleks dan diselimuti oleh warna putih bersih. Selain ornament Budha seperti kuil pada umumnya, di dalam kuil ini juga terdapat lukisan yang menggambarkan kekuatan baik dan jahat. Misalnya tokoh superhero seperti Batman, Spiderman,Transformers, hingga tokoh kartun seperti Doraemon dan Kungfu Panda. Hhmmm, cukup unik ya Kuil satu ini.

 

2. Golden Triangle

Golden Triangle merupakan perbatasan antara 3 negara, yaitu Thailand, Laos dan Myanmar. Dulunya tempat ini merupakan lahan dan pusat perdagangan opium terbesar kedua di Asia setelah Golden Crescent di Afghanistan. Sekarang, daerah inimenjadi pusat bisnis antar 3 negara tersebut. Untuk mencapai daerah ini, Anda harus menyeberangi Sungai Mekong menggunakan kapal dengan membayar kurang lebih 300 baht. Sepanjang perjalanan mengarungi Sungai Mekong, Anda dapat melihat pemandangan di seberang, termasuk No Man’s Island dan Kings Roman Casino yang berada di Laos. Anda mungkin akan terkejut dengan minuman yang terkenal disini, Snake Whiskey dan Animal Whiskey. Ya, dari namanya sudah jelas bahwa minuman whiskey ini dicampur dengan ular dan binatang lainnya seperti kalajengking dan kadal. Konon,minuman keras ini bisa untuk menambah vitalitas seorang pria.

 

3. Long-Neck Karen Hilltribe Village

Kawasan desa wisata satu ini merupakan tempat wisata di Chiang Rai yang wajib dikunjungi oleh Anda. Jika Anda mencari perempuan-perempuan cantik berleher jenjang, disinilah tempatnya. Suku Karen dipimpin oleh seorang laki-laki yang kuat. Mereka hidup tanpa penerangan dan hanya mengandalkan pariwisata yang ada, seperti menjual kerjainan tangan dan dari biaya tiket masuk ke desa mereka. Dulunya, suku leher panjang Karen ini berasal dari Myanmar hingga kemudian bermigrasi ke utara Thailand. Sekarang, bebeapa dari mereka sudah mengenal ponsel untuk menghubungi sanak saudara mereka yang masih tinggal di Myanmar.

 

4. Melihat Sakura di Chiang Mai

Jika Anda ingin melihat sakura bermekaran namun dengan low budget, maka Chiang Mai lah solusinya. Ada dua lokasi dimana Anda bisa leluasan melihat sakura bersemi dengan cantik, yaitu di Doi Inthanon National Park dan Baan Khun Chang Kian. Keduanya merupakan destinasi wisata Chiang Mai dan Chiang Rai yang belum banyak terekspos. Jika Anda sudah pernah ke Jepang, mungkin Anda bisa melihat perbedaan sakura di Thailand dengan sakura di Jepang. Banyak yang menyebutkan jika sakura di Chiang Mai ini termasuk jenis Himalayan cherry Trees. Nah, untuk lokasi yangpertama, Doi Inthanon National Park, letaknya sekitar 60km dari pusat kota Chiang Mai. Areanya berkisar ratusan kilometer persegi, sehingga saat sakura bermekaran, banyak lokasi yang bisa jadi spot foto selfie Anda. Lokasi yang kedua adalah Baan Khun Chang Kian, jaraknya sekitar 30km dari kota Chiang Mai. Di desa ini terdapat Agricultural Research Center, yang merupakan pusat penelitian untuk tanaman kopi. Namun, di sekeliling perkebunan kopi tersebut, terdapat banyak pohon cherry yang akan dipenuhi sakura pink pada musim dingin.